Communication Science

783120912832221065_1345722Ilmu komunikasi. Jurusan ini adalah jurusan yang paling saya segani karena sesuai dengan passion saya. Ilmu Komunikasi memiliki peminat paling banyak dari sekian banyak jurusan yang ada dalam dunia perkuliahan, khusunya pada jurusan SMA IPS. Ilmu komunikasi pada umumnya tergabung dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, namun di UNPAD sudah menjadi Fikom (Fakultas Ilmu Komunikasi).

Apa saja sih yang dipelajari dalam jurusan ilmu komunikasi? Ilmu komunikasi adalah jurusan yang mempelajari mengenai komunikasi tentunya. Dalam perkuliahan terdapat perbedaan peminatan. Di UMM sendiri terbagi menjadi tiga, PR, Jurnalistik, dan Komunikasi Audio Visual. PR atau yang biasa dikenal Public Relation adalah how to communicate dengan berbicara kepada orang lain. Nah ini cocok banget bagi orang yang senang bicara dimuka umum karena hal yang dipelajari dan lulusan ini lebih banyak bekerja dengan berkomunikasi kepada individu atau masyarakat atau dalam bahasa kesehariannya adalah HuMas. PR dalam sebuah lembaga atau perusahaan sangat diperlukan , kenapa? Karena perencanaan sebuah perusahaan bila tidak sampai pada semua pekerja internal dan eksternal rencana tersebut tidak akan berjalan sesuai rencana apabila informasi tidak sampai secara benar. Pastinya semua Lembaga dan Perusahaan memerlukan sarjana ahli di bidang PR. Prospek pekerjaannya bagi sarjana lulusan ini adalah sebagai Perkembangan PR Consultant, Event Organizer, dan kebutuhan akan profesi public relations di departemen/perusahaan pemerintah maupun swasta, memerlukan kompetensi praktisi Humas yang mumpuni.

Sedangkan di bidang Jurnalistik, pada peminatan ini lebih menitikberatan pada bidang jurnalisme, baik jurnalistik pada bidang media cetak seperti majalah koran maupun media elektronik seperti radio dan televisi .Pada peminatan ini lebih dalam mempelajari tentang penggunaan teknologi penggunaan teknologi komunikasi dan informasi. Tumbuhnya pertelevisian nasional, surat kabar dan radio, memerlukan tenaga jurnalis yang handal, baik sebagai reporter, announcer, dokumenter, maupun produser pemberitaan.

Sedangkan yang ketiga adalah Komunikasi Audio Visual, khsusnya seperti bidang sinematografi.

Himakom (Himpunan Mahasiswa Komunikasi UMM) mengenalkan berbagai organisasi dan komunitas yang berdiri secara alami dan kreatif di lingkungan mahasiswa Komunikasi. Di antaranya, Journalism Club, PR Club (Eskalator), Av Club dan Media Mahasiswa. Komunitas-komunitas itu tak hanya mewadahi kreativitas mahasiswa tetapi juga sudah memiliki prestasi hingga tingkat nasional.

Nah begitulah sedikit catatan mengenai Ilmu Komunikasi yang ada di UMM khususnya. Semoga bermanfaat! 🙂

PS: Kalian dapat mengunjungi tentang jurusan ilmu komunikasi UNPAD di https://lydiaokvaanjelia.wordpress.com/about-me/kuliah-di-broadcast-jurnalistik/:)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s