Selayang Pandang Kota Mojokerto

Mojokerto, kurang lebih berjarak 88,9 kilometer dari Kota Malang. Kota ini merupakan kota kecil terpadat se-Indonesia. Bagaimana bisa? Kota yang berukuran 872 km persegi ini memiliki penduduk sebanyak 120.196 jiwa.

mojokerto4

Kalian ingin tahu mengenai Mojokerto beserta isinya? Let’s check this out:

  1. Makanan Khas

Onde-onde adalah makanan khas dari kota ini. Jika kalian berkunjung ke Kota Mojokerto, jangan lupa membeli cemilan ini. Namanya onde-onde, bentuknya bulat dengan ditaburi oleh wijen, isinya adalah kacang hijau. Dijamin kalian akan nambah jika melahap makanan yang satu ini. Tidak berat, tidak membuat kalian gendut, bagi kalian yang sedang melakukan program diet, tenang saja. Hehe. Kalian dapat membeli ini di toko roti Bo Liem yang terletak di Jl. Empunala, depan kolam renang Sekar Sari.

 Kue-Gurih-Onde-onde

 

  1. Kain Khas

Kain khas dari Mojokerto adalah batik. Jangan dikira daerah yang memiliki batik adalah hanya Yogyakarta. Setiap daerah memiliki batik dengan corak yang berbeda-beda. Nah, Mojokerto memiliki batik yang bermotif:

a. Motif Mrico Bolong

batik mojokerto-motif mrico bolong

b. Motif Rawan Inggek

rawan inggek

c. Motif Kalangbret

kanlangbret

  1. Kebudayaan

Mojokerto memiliki kebudayaan yang tidak seberapa kental memang. Namun bekas-bekas kejayaan Mojopahit tertinggal disini. Selain Museum Mojopahit, terdapat candi-candi yang sangat banyak dihiasi dengan pelbagai ornamen yang ada. Diantaranya adalah,

a. Candi Bajang Ratu

Bajang_Ratu_Gate_Trowulan

b. Candi Tikus

SONY DSC

c. Candi Brahu

brahu_03

  1. Pusat Kota

Alun-alun merupakan pusat kota dari setiap daerah. Begitu juga dengan Mojokerto, kota ini memiliki Alun-alun yang berada di tengah kota. Alun-alun ini baru saja dipugar atau direnovasi oleh Walikota Mojokerto. Di setiap sudut Alun-alun, terdapat replika candi-candi Kerajaan Mojopahit. Sungguh menarik, bukan?

IMG_1654

  1. Cozy Spot

Anak muda pasti suka berjam-jam ngobrol dengan teman seumuran, bukan? Nah, di Mojokerto tidak berbeda dengan kota-kota besar seperti Surabaya, Malang, ataupun yang lainnya. Kafe-kafe di Mojokerto mulai menjamur, seperti Loodst Cafe, JM Cafe, Midas Cafe, Newbie Cafe dan lain sebagainya. Jika kalian ingin merasakan sajian pedas, kalian dapat mengunjungi Mie Nyonyor, Noodle Bar, Ayam Djancuk, Ayam Geprek Mbok Judes. Nah, spot tersebut menyajikan berbagai makanan pedas dengan level-level tertentu. Pecinta susu murni, kalian dapat berkunjung ke Kedai Mojomilk yang terletak di Jl. Raya Ijen. Depan SMAN 2 Mojokerto tepatnya.

Kurang lebih 5 hal tersebut yang dapat saya ulas di blog ini. Jika kalian berkunjung ke Mojokerto, jangan lupakan 5 hal itu ya sekaligus cek link berikut yang menyajikan keindahan Kota Mojokerto!

BEAUTIFUL MOJOKERTO

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s