Hablumminannas

Lancar dalam berkomunikasi adalah salah satu poin penting dalam suatu hubungan. Apapun itu. Saling mendukung, menghargai, mengarahkan ataukah membimbing. Itu semua ada karena hakikat manusia dalam berkomunikasi. Diiringi dengan rasa sabar dan ikhlas, semuanya bakal indah. You should try this.

Masalahnya, tidak semua orang memiliki pemikiran seperti itu. Kadang ada manusia yang terlalu pasrah akan suatu hal, padahal pasrah itu lain dengan yang dinamakan tawakkal. Ada juga orang yang nggak mau kalah,  padahal ini juga nggak baik banget. Seakan nggak ada rasa sabar dan ikhlas dalam hatinya.

Kita hidup cuma sebentar. Sebagai makhluk sosial yang selalu berkomunikasi dengan orang lain, tentunya kita harus saling menjaga. Menjaga tutur kata dan perilaku kita. Gimana-gimana, di akhir nanti pasti ditimbang kan? Recognizing about this statement, selama manusia masih menggunakan otak sebelum berbicara dan berperilaku. I think, semua itu nggak akan ada perasaan sakit hati akibat perangainya. Coba kalo kita mesti mikir postif, insyaAllah hidup selalu tenang.

Selain itu, dalam berinteraksi, sebisa mungkin jangan menjudge seseorang hanya karena ‘katanya’, atau ketika dia melakukan sesuatu yang sekiranya membuat kamu salah paham. Jangan mengasumsikan dengan perasaan aja. Allah menganugerahi logika untuk membuat kita agar selalu berpikir dan bertindak tentunya. Don’t think you’re right in all your way. Coba bertanya ketika kamu memiliki keraguan. Memendam perasaan sampai nyesek justru nggak akan menyelesaikan masalah, apalagi kalau menyebarkan gosip yang nggak masuk akal. Lebih baik diam. Lihat. Pahami. Baru bisa menilai kan? Jangan cenderung menginterpretasikan apa-apa berdasarkan perasaan hati kalau belum tahu faktanya. Lebih baik tabayyun, insight apa yang sebenernya terjadi. This is not mindless dreaming, right? 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s