People Come, People Go

Seseorang itu… kadang hadir di hidup kita hanya untuk intermezzo. Cuma lewat. Yang hanya singgah sesaat. Tapi, ada juga yang akan hidup selamanya, di hati kita. Atau bahkan di kehidupan kita selanjutnya?

Pernah aku merasa benar-benar nyaman untuk sharing all the things to some people. Yet sometimes, God will always know what’s the best for me. Bisa jadi yang aku anggap terbaik, belum tentu terbaik di mata-Nya. Semoga bisa terus berprasangka baik.. Seseorang dijauhkan sama Allah bisa jadi dia belum menjadi yang terbaik atau sejatinya kita diperintahkan untuk memantaskan diri terlebih dahulu sebelum waktunya dipersatukan kembali? Kalau jodoh mah hanya Allah yang tau ya.. Santai aja sih, yang terbaik akan datang di saat yang tepat. Saat ini adalah waktunya untuk mencintai seseorang dengan benar. Caranya? Jaga diri baik-baik. Sebenernya kepala negara di rumah udah ngingetin dari dahulu kala, lebih baik maksimalin logika daripada perasaan. Tapi namanya juga cewe, kadang jatuh juga. Tapi alhamdulillah, beliau selalu ngingetin putrinya yang kadang suka bandel ini. :’)

It’s the right time for thinking to the bright future.

Dulu banget aku pernah berpikir untuk nggak galau-galau mikirin perasaan yang nggak ada habisnya. Kalau bahasa sekarangnya sih baper-baperan gitu. Kadang suka risih dengernya kalau diinget-inget, tapi nyatanya pernah hanyut juga didalamnya. Namanya juga manusia. Ternyata, saat itu masih labil. Semoga sekarang bisa lebih kuat pendiriannya. Transformasi jadi pribadi yang bijaksana dalam menyikapi sesuatu. Sampai waktu yang benar-benar ditentukan olehNya. Fokus bahagiain orang tua lebih oke, jadi panutan buat adik-adik tersayang.

Seseorang selalu hadir untuk mengajarkan sesuatu.. Entah untuk berproses bersama menjadi yang terbaik untuk dirinya sendiri ataupun untuk orang lain. Belajar memaknai kehidupan yang sesungguhnya. Nggak berdasarkan teori, tapi betul-betul prakteknya. Yang ada di realitas kehidupan kita mungkin adalah perwujudan dari mimpi-mimpi kita.

Suatu hari pernah aku bermimpi untuk bertemu dengan seseorang yang memilki pemikiran sama tentang passion, misalnya. Ini bikin aku seneeeng banget nemuin yang semacam ini. Seribu satu. Tapi sepertinya jalannya bercabang atau nggak searah. But, Allah knows best. That’s not the problem, tho. Yes, ternyata I got it (seseorang-yang-sepemikiran-sama) meskipun nggak bener-bener sama karena Allah menciptakan manusia berbeda-beda. Sesuai kemampuan dan kapasitasnya masing-masing. Dia mirip dengan sosok idolaku, ayahku. Sekilas tentang pemikirannya. Tell the stories about life, music, photography, and he taught me so well. Suka nunjukin hal-hal yang aku suka, video yang isinya a little boy yang expert di musik contohnya. Dia yang tipikal blak-blakan dan nggak pernah sungkan negur kalau aku salah. Ini yang paling aku suka, caranya dia ngingetin lugas dan nggak terkesan menggurui. Dengerin ceritanya tentang kerasnya hidup di jalanan, hingga liku perjalanannya yang tajam tanpa ada kata menyerah. Aku jadi sadar, justru mereka yang pernah hidup di jalanan lebih kuat dalam menjalani arus kehidupan ini meskipun sebetulnya kasih sayang dari keluarganya nggak kurang-kurang. Tapi mereka hanya butuh kebebasan.. Eh tapi temenku ini aja kali ya yang dasarnya nggak bisa di atur, dulunya wkwk. Kadang kalo lihat sekarang, aku mikir, nakalnya dimana.. toh, dia juga bisa bersosialisasi sama orang lain dengan benar, pengalaman yang ia ceritakan tentang hidup dan seninya juga menarik untuk diceritakan. Dia sama kayak aku, banyak ngomong, juga diiringi langsung ke tindakan. Kadang suka resek juga, karena dia perfeksionis sekali. Jazz lover yang sesungguhnya. Ampun deh, salah redaksi pas ngomong aja jadi masalah. Sering salah paham kalo nggak detail jelasinnya.

Sebagai seorang cewe, pastilah luluh dengan adanya bimbingan yang diiringi kesabaran dan ketulusan, apalagi kalau soal musik. I’m an addicted girl who like playing piano. Dia bisa banget ngajarin aku, karena ternyata dia dulu pernah jadi guru musik. Yes! Ketika dihadapkan dengan seseorang yang sama-sama paham soal musik itu emang nyambung banget, nggak ada habisnya. Karena aku bisa berjam-jam kalau sudah ada di depan piano atau keyboard. I like the way he taught me. Bukan berarti I depend on him sih.

Tapi, setiap orang punya kekurangan dan kelebihan masing-masing ya. Melihat dari sisi tersebut, terlepas bagaimana latar belakang atau masa lalunya yang mungkin belum kita ketahui secara keseluruhan.

Nah, maka dari itu, kita sebaiknya jangan suka menilai seseorang berdasarkan katanya atau hanya sekedar mengenalnya tapi sudah pede menerjemahkan seseorang tersebut seenaknya sendiri. Lebih baik observasi, mencari kebenarannya ketika kita merasa ada yang ganjal (for your thought; keep positive thinking! Be wise!) Jangan suka mempersepsikan seseorang berdasarkan ceritanya yang setengah-setengah atau bahkan sesuai dengan perasaan hati saja. Kalo bisa tanya langsung ke orangnya, menghindari adanya kesalahpahaman :’) Right?

Kadang kala yang kamu ketahui cuma sepenggal kisahnya saat ini, tapi bagaimana dengan masa lalunya? Ketika kita menyadari bahwa masa lalu seseorang hanyalah masa lalu. Ya, memang. Nggak begitu penting buat diceritakan atau mungkin kamu nggak tertarik buat dengerin? Karena mungkin, bisa jadi kamu nggak ingin mengungkit karena kamu tau berbenah itu merupakan hal yang sangat sulit. Gimana dia berbenah buat merubah masa lalunya yang nggak seperti yang kamu bayangin saat ini. Bisa jadi dia yang kamu pandang hebat dulunya punya masa lalu yang kelam ataupun stigma lainnya. Tapi kita harus ingat, hargai masa lalu seseorang kalo kamu ingin menjadi bagian dari masa depannya. Percaya bahwa kedepannya akan baik-baik saja. Merajut mimpi yang indah, di waktu yang telah ditetapkan.

Karena sejujurnya bagaimana kita berinteraksi dengan seseorang itu pastilah karena adanya rasa kepercayaan. Karena kepercayaan, kita jadi nyaman untuk menceritakan segala keluh kesah, apapun yang kita rasakan, baik suka ataupun duka. Entah dengan seseorang yang baru pertama kali bertemu tapi langsung akrab seperti sudah kenal lama, misalnya. Atau orang lama yang hadir dengan sejuta ceritanya yang mampu mengubah duniamu. Semoga kita bisa menjaga diri dengan baik yaaa..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s