Tentang Perubahan

Processed with VSCOcam with f2 preset

Perubahan bisa terjadi kapan saja. Dan, aku 100% yakin bahwa seseorang bisa berubah asalkan ada niat yang terpatri dalam hatinya. Perubahan yang pastinya di mulai dari dirinya sendiri, bukan karena orang lain. Yang lebih baik adalah berubah karena Allah atau istilah kerennya berhijrah.

Ketika seseorang berubah karena orang lain, misalnya. Bisa jadi tidak membuahkan hasil apa-apa. Karena ketika orang lain yang menjadi sumber inspirasinya mengecewakannya, pasti perubahan yang akan ia jalani akan gugur perlahan. Aku yakin itu pasti terjadi.

Tapi jika kamu sudah mulai mantap dalam melakukan suatu perubahan, jangan khawatir. Kalau kata Pak Rhenald Kasali nih ya,

“Saat melakukan perubahan, kamu akan kesepian dan sendirian. Tidak ada yang percaya. Saat benih perubahan itu mulai tumbuh, orang-orang terdekat mulai mengangguk. Satu per satu mulai percaya dan membantu. Pada akhirnya, kamu harus konsisten mengawal perubahan itu sehingga akan terjadi sebuah pesta perubahan.”

Yang pasti perubahan dalam hal positif ya 😀

Entah mengapa, aku sangat mendukung temen-temen yang memiliki iktikad untuk berubah menjadi yang lebih baik. Seburuk apapun masa lalunya, jika dia sudah tersentuh untuk berubah. Semuanya akan baik-baik saja. Ketika kita sudah tau bahwa masa lalu itu gunanya untuk memberi pelajaran dan masa depan adalah sebagai harapan. Sepertinya, semua bakal enjoy untuk dijalani. Tidak perlu berlarut-larut dalam kesedihan, kenapa ya aku dulu seperti itu.. andai aku dulu nggak begini, begitu.. dan meratapi yang sudah-sudah. Mending kita mikir apa yang sudah di depan mata, meraih apa yang seharusnya kita raih, memperjuangkan apa yang perlu kita perjuangkan. Mulai dari sesuatu yang kecil, jangan langsung membawa perubahan yang besar, nanti mereka kaget.. hehe.

Kalau perubahan yang sedang kamu gerakkan ingin menghasilkan karya nyata, maka batin-batin yang terluka harus diterapi, berikanlah harapan yang dibuktikan dalam kemenangan jangka pendek terlebih dahulu. – Rhenald Kasali

Semangat *baper! 🙂

 

 

*bawa perubahan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s